Tutorial Menambah Course di Moodle

Assalamualaikum Wr Wb

Hallo Friends hari ini saya ingin berbagi mengenai cara menambah course di moodle.

Course sendiri menurut saya adalah semacam kelas online yg nantinya bisa di berikan aktivitas sesuai kegunaan kelas tersebut.

Hal -Hal yg perlu dilakukan :
1. Kita masuk ke moodle nya sebagai admin

2. Kita buat user yg akan menggunakan course nya nanti
 3. Selanjutnya kita menuju ke --> Site administration --> Course --> Manage course and categories
 4. Kemudian kita Create new course
 5. Selanjutnya kita beri nama untuk course tersebut
 6. Nah disini untuk format course nya akan ada beberapa pilihan, antara lain :
  • Weekly format
  • Topics format
  • Social format
  • Single activity format
Disini saya akan menggunakan yg weekly format, jadi masa waktu course yg saya buat adalah 1 minggu.

Number of sections  --> berapa banyak course yg ingin dibuat 
 7. Jika sudah kita Save and display
 8. Langkah selanjutnya kita Enrol users.
Fungsi dari enrol user adalah untuk mendaftarkan user yg kita buat ke dalam course agar user yg kita buat dapat mengakses course tersebut.
 9. Akan muncul tampilan seperti berikut
 kemudian kita enrol user nya

Disini terdapat Assign roles --> untuk assign roles sendiri fungsinya untuk menentukan user mana yg akan menjadi guru / murid
Misalnya :
disini assign roles nya saya buat student berarti user yg saya enrol menjadi murid semua.
Jika misalnya user Rian R assign roles nya saya ubah menjadi teacher maka dalam course tersebut user Rian R akan menjadi guru nya.

Setelah itu kita finish enrolling user
 10. Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut ini --> Proceed to course content
 11. Nah maka course yg di buat sudah jadi.
kita dapat menambahkan aktivitas pada course tersebut dengan mengklik --> add an activity or resource


0 Response to Tutorial Menambah Course di Moodle

Post a Comment