Sms gateway - Part 2 : Installasi dan Konfigurasi Kalkun

Assalamualaikum Wr Wb

Hallo Friends, di postingan sebelumnya saya sudah memposting mengenai sms-gateway-installasi-dan-konfigurasi-gammu. Kali ini saya ingin berbagi ilmu yg sudah saya pelajari dan saya praktekkan tentang installasi dan konfigurasi Kalkun.
Sebelum melakukan installasi dan konfigurasi mari kita bahas terlebih dahulu mengenai kalkun.
Kalkun adalah aplikasi manajemen SMS (Short Message Service) berbasis web dengan kode sumber terbuka (open source). Menggunakan gammu-smsd sebagai mesin sms gateway untuk mengirim atau menerima pesan dari ponsel / modem.

Kalkun dirilis di bawah GNU General Public License sehingga kita dapat memodifikasi dan atau mendistribusikan kode sumbernya.

Arsitekrur kalkun :
Kalkun  <=>  DB Engine  <=>  Gammu-SMSD  <=>  Phone/Modem

Alat dan Bahan :
  • Laptop
  • Aplikasi Kalkun
  • Aplikasi Gammu 
  • Phpmyadmin
  • Mariadb / Mysql
  • Terminal Emulator
  • OS Linux --> disini saya menggunakan OS Linux Mint 17.3 Rossa  (bisa menggunakan OS Linux yg lain)
Catatan : sebelum melakukan installasi dan konfigiurasi kalkun pastikan kita sudah menginstall dan mengkonfigurasi gammu terlebih dahulu.
jika belum bisa di cek di sms-gateway-installasi-dan-konfigurasi-gammu

Berikut ini  langkah - langkah installasi dan konfigurasi kalkun :

1. Download dulu kalkun nya di http://kalkun.sourceforge.net/
2. Kita buat  folder baru untuk kalkun pada directory /var/www/html dengan perintah
mkdir /var/www/html/kalkun
 3. Copy file kalkun yg sudah di download ke directory yg sudah kita buat tadi di /var/www/html/kalkun dengan perintah
cp kalkun_0.7.1.zip /var/www/html/kalkun
 4. Kemudian kita menuju ke directory kalkun nya --> extract file kalkun_0.7.1.zip dengan perintah
unzip kalkun_0.7.1.zip
 5. Tunggu proses extract nya sampai selesai
 6. Setelah itu kita buka phpmyadmin dan buat database untuk kalkun
 7. Edit konfigurasi file database.php pada directory /var/www/html/kalkun/application/config/ dengan perintah
nano /var/www/html/kalkun/application/config/database.php
 8. Pada bagian
$db['default']['password'] = "password";  -->  ganti dengan password mysql
 contohnya seperti gambar di bawah ini
 jika sudah simpan dengan menekan tombol ctrl + x kemudian enter
9. Kita buka lagi phpmyadmin ---> pergi ke tab import --> Browse ---> kita import file mysql.sql.gz
yg terletak di directory /usr/share/doc/gammu/examples/sql
 10. Klik Go
 11. Pastikan import file sukses, seperti gambar di bawah ini
 12. Kemudian kita edit lagi file daemon.sh yg terletak di directory /var/www/html/kalkun/scripts/ dengan perintah
nano /var/www/html/kalkun/scripts/daemon.sh
 12. Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini --> ini merupakan settingan defaultnya
 13. Pada bagian /path/to  --> kita ganti dengan /var/www/html
simpan dengan menekan ctrl + x  kemudian enter
 14. Buka browser kemudian akses kalkun nya ( localhost/kalkun ) maka akan muncul tampilan seperti berikut --> kita lakukan installasi kalkun --> klik Start Installation
 15. Nah pastikan status nya sudah OK semua --> klik Next
 16. Klik Run Database Setup
 17. Apabila muncul tampilan seperti ini jangan panik --> baca dahulu, kita disuruh untuk menghapus folder install pada directory kalkun.
 18. cara menghapusnya :
kita berpindah ke directory kalkun terlebih dahulu dengan perintah
cd /var/www/html/kalkun/
 19. kemudian remove folder install dengan perintah
rm -rf install
 20. Buka browser lagi kemudian pilih Go To Application
 21. Maka akan muncul tampilan seperti ini
 22. Untuk masuk ke kalkun
Username = kalkun
Password  = kalkun
 23. Akan muncul tampilan seperti berikut, tapi kalkun nya masih belum terkoneksi dengan gammu nya untuk mengetahui nya bisa kita lihat pada Status nya masih Unknown.
 24. Untuk dapat terkoneksi kita restart service gammu-smsd dengan perintah
/etc/init.d/gammu-smsd restart
 25. Kemudian buka lagi kalkun nya dan lihat hasilnya --> jika Status nya sudah Connected berarti gammu nya sudah terkoneksi dengan kalkun.
 Kita bisa melihat daftar pesan masuk (inbox)
 Kita juga bisa mengirim pesan



Sekian info dari saya semoga bermanfaat


Wassalamualaikum Wr Wb.


Sumber Referensi :


14 Responses to Sms gateway - Part 2 : Installasi dan Konfigurasi Kalkun

  1. mas, mau nanya. Saya udah ngikutin semua stepnya, tapi pas akses localhost/kalkun untuk install, blank mas, cuma layar putih aja. Itu kenapa ya, makasih mas.

    ReplyDelete
  2. coba di cek lagi mas di bagian konfigurasi database.php sama daemon.sh nya mas siapa tau ada yg salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah saya cocokin semua mas, masihy blank juga kalo akses localhost/kalkun.
      Saya make ubuntu 16.04 LTS.

      Delete
    2. Oh make nya ubuntu 16.04 LTS ya mas temen saya juga make itu pas mau nyobain kalkun juga gak bisa mas, kalkunnya belum support php7 sih kayaknya

      Delete
    3. oh, berarti soluisinya bisa saya akalin pake versi php lebih rendah ya tanpa harus ganti versi ubuntu saya.

      Kalo boleh tau, kalkun support php versi berapa ya mas, makaksih.

      Delete
    4. Kalo saya make nya php versi 5.5 mas

      Delete
    5. Setelah ane sesuaikan bisa mas, make xampp dengan php 5.5.35. Saya mau nanya, status modem terhubung, tapi kirim sms dan nerima sms ga bisa. Itu error dimana nya ya mas?

      Saya make modem sierra wireless fxt 009

      Delete
    6. itu yg gak bisa di gammu nya atau di kalkun nya mas?

      Delete
    7. di kalkunnya mas, kalo via gammunya bisa. Saya coba make zte mf190b, tes via kalkun bisa...

      Delete
  3. oh iya mas, sekalian saya mau tanya, kalo saya mau kirim sms/balas sms, saya mau ada 2 nomor otomatis yang sudah default menerima sms itu, tanpa saya masukkan manual, jaadi kaya saya mau sms laporan ke bagian keuangan, saya input nomor bagian keuangan, tapi secara otomatis, nomor direktur dan wakil direktur juga sudah terset ikut menerima sms itu, itu gimana ya cara edit scriptnya? Makasih mas

    ReplyDelete
  4. Untuk ngirim sms via kalkun yg gagal coba masuk ke setting trus country dial code nya di set ke indonesia mas

    ReplyDelete
  5. kalo yg sms otomatis beberapa kontak ikut menerima sms itu saya kurang tau soalnya belum pernah nyoba.

    di kalkun nya kan ada plugins nya mas coba aja di lihat siapa tau ada plugins yg mendukung

    ReplyDelete
  6. mau nanya mas klo kita link ke fingerprint kira kira support ngga mas ?

    ReplyDelete