Samba File Server

Assalamualaikum Wr Wb.

Hallo Friends, hari ini admin ingin membagikan sedikit ilmu mengenai Samba File Server. 
 
Apa itu Samba?
Samba adalah program yang bersifat open source yang menyediakan layanan berbagi berkas (file service) dan berbagi alat pencetak (print service), dan pengumuman layanan (NetBIOS service announcement/browsing). Sebagai sebuah aplikasi file server, Samba mengizinkan berkas, alat pencetak, dan beberapa sumber daya lainnya agar dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam keluarga sistem operasi UNIX, dan mengizinkan interoperabilitas dengan sistem operasi Windows. Samba dibuat berdasarkan protokol Server Message Block (SMB), oleh Andrew Tridgell.

Samba adalah standar pada hampir semua distribusi Linux dan umumnya disertakan sebagai layanan sistem dasar pada sistem operasi berbasis Unix lain juga. Samba dirilis di bawah Lisensi GNU General Public. Nama Samba berasal dari SMB (Server Message Block), nama protokol standar yang digunakan oleh sistem file jaringan Microsoft Windows.

Fitur
Samba memungkinkan berbagi file dan cetak antara komputer yang menjalankan Microsoft Windows dan komputer yang menjalankan Unix. Ini merupakan penerapan dari puluhan layanan dan selusin protokol, termasuk:
  •     NetBIOS over TCP / IP (NBT)
  •     SMB
  •     CIFS (versi yang disempurnakan dari SMB)
  •     DCE / RPC atau lebih khusus, MSRPC, Network Neighborhood suite protokol
  •     Sebuah server WINS juga dikenal sebagai NetBIOS Name Server (NBNS)
  •     PB Domain suite protokol yang mencakup NT Domain login
  •     Security Account Manager (SAM) database yang
  •     Otoritas Keamanan Lokal (LSA) layanan
  •     Layanan NT-gaya pencetakan (SPOOLSS), NTLM dan baru-baru Active Directory Logon yang melibatkan versi modifikasi dari Kerberos dan versi modifikasi dari LDAP.
  •     Server DFS

Semua layanan ini dan protokol sering salah disebut sebagai hanya NetBIOS atau SMB. NBT (NetBIOS over TCP / IP) dan WINS protokol yang usang pada Windows.

layanan Samba diimplementasikan sebagai dua service:

    
smbd, yang menyediakan layanan berbagi file dan printer, dan
    
nmbd, yang menyediakan layanan nama NetBIOS-to-IP-address. NetBIOS over TCP / IP memerlukan beberapa metode untuk pemetaan NetBIOS nama komputer ke alamat IP dari jaringan TCP / IP.konfigurasi samba dilakukan dengan mengedit file /etc/smb.conf atau /etc/samba/smb.conf).

Samba termasuk alat administrasi web yang disebut Alat Samba Web Administration (SWAT)


Sumber :

0 Response to Samba File Server

Post a Comment