Mengenal Linux

Assalamualaikum Wr. Wb


Hallo friends setelah sebelumnya saya telah membahas mengenai sistem operasi, kali ini saya akan membahas tentang linux.
Apa sih linux itu?

 


 Linux adalah perangkat lunak (sistem operasi) dengan kode program terbuka (Open Souce) dan Free Software sehingga kita dapat menggunakan OS tersebut secara gratis dan dapat mempelajari, mengembangkan dan mendistribusikannya kembali. Linux bersifat multiuser dan multitasking yang kompatibel dengan berbagai platform.

 Namun tidak sepenuhnya linux gratis ada juga linux yang berbayar contohnya saja Redhat, Redhat Enterprise Linux (RHEL) merupakan salah satu distro linux yang berbayar. Tapi berbayar di sini bukan OS nya yang berbayar melainkan layanan dukungan pada OS tersebut yang berbayar misalnya layanan keamanan, layanan cloud, jasa instalasi dan implementasi, dll. Jadi jika kita hanya menginstall dan menggunakan OS tersebut di komputer kita untuk dipelajari tidak menjadi masalah.



Bagian - Bagian Linux :


1. Kernel
Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama / inti dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman.
Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing. Akses kepada perangkat keras secara langsung merupakan masalah yang kompleks, oleh karena itu kernel biasanya mengimplementasikan sekumpulan abstraksi hardware. Abstraksi-abstraksi
tersebut merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kompleksitas, dan
memungkinkan akses kepada perangkat keras menjadi mudah dan seragam.

2. Shell
Shell adalah penterjemah (command line interpreter). Pada Linux disebut sebagai terminal. Perangkat lunak inilah yang menjadi jembatan antara user dengan sistem linux. User cukup memberikan perintah dan shell yang akan menanganinya. Shell, baik di linux maupun di UNIX digunakan untuk interaksi antara user dengan komputernya termasuk juga dalam mengontrol session UNIX dan pemrograman (scripting). UNIX shell menyediakan sekumpulan instruksi khusus yang dapat digunakan untuk membuat program shell script .
Ada beberapa jenis shell yang umum ditemukan dalam distro Linux, yakni : Bash dan tcsh.

3. Aplikasi (aplication software)
Aplikasi adalah program-program yang dibuat oleh user, untuk memenuhi kebutuhuannya sendiri. Program-program ini dapat dibuat dengan menggunakan sejumlah utilitas, perintah built-in milik shell, atau dibangun dengan bahasa pemrograman seperti C, COBOL,atau Phyton dan berbagai development tool seperti oracle dan Informix. Bisa juga berupa program pake yang dibeli dari pemasok perangkat lunak.



Sejarah Linux

  Nama Linux sendiri diadaptasi oleh penciptanya yakni Linus Torvald yang waktu itu merupakan seorang mahasiswa dari Universitas Helsinski, Finlandia.
Logo dari linux berawal pada saat Linus Torvald sedang berjalan-jalan ke taman Perth dan di patuk oleh seekor pinguin sehingga membuatnya demam berhari-hari. Linus Torvald kemudian berpikir bahwa pinguin cocok untuk dijadikan logo Linux, kemudian lahirlah logo Linux yang diberi nama Tux karya dari Larry Ewing.



Linus Torvald


Linux memiliki berbagai macam pilihan desktop environment antara lain sebagai berikut :

1. GNOME

Gnome merupakan bagian dari GNU project dengan tujuan memberikan kemudahan akses bagi user dalam menjalankan desktop.





 System Requirements GNOME :
 - RAM : 768 MB
 - CPU : 400 MHz


2. KDE

KDE memiliki basis Linux dan Unix yang dibangun dengan tujuan kemudahan dalam operasionalnya.




 System Requirements KDE :
 - RAM : 615 MB
 - CPU : 1 GHz


3.  XFCE

XFCE merupakan salah satu desktop environment yang ringan dan dalam pengoperasiannya tidak terlalu membutuhkan hardware dengan spesifikasi yang tinggi.





 System Requirements XFCE :
 - RAM : 192 MB
 - CPU : 300 MHz


4. LXDE

LXDE merupakan desktop environment yang paling ringan diantara desktop environment lainnya dan dapat di jalankan di komputer dengan spesifikasi hardware yang sederhana.





 system requirements LXDE :
 - RAM : 128 MB
 - CPU : 266 MHz



Sekian info dari saya semoga bermanfaat :)



Sumber Referensi :
wikipedia
buku konfigurasi debian server blc telkom




0 Response to Mengenal Linux

Post a Comment